Mencegah Angka Kematian, Yuk Kenali Tips Kesehatan Ibu dan Anak

  • Whatsapp

Beberapa permasalahan kesehatan masyarakat di Indonesia memang belum dapat diselesaikan dan menemukan solusi yang tepat. Pasalnya, luasnya daerah yang harus dijangkau dan tenaga medis yang memadai menjadi masalah utama yang belum tuntas. Selain itu masalah kesehatan ibu dan anak juga menjadi topik hangat karena angka kematian keduanya terus meningkat. Yuk simak ulasan berikut ini!

Read More

4 Masalah Kesehatan Seorang Ibu dan Anaknya

1. Kurangnya Asupan Gizi

Beberapa tingkatan masyarakat memiliki masalah gizi, sehingga berpengaruh pada kesehatan seorang ibu dan anaknya. Salah satu masalah utamanya adalah jumlah penghasilan yang tidak dapat mencukupi kebutuhan keluarga. Dengan begitu kebutuhan nutrisi ibu sejak hamil hingga melahirkan tidak dicukupi dengan baik yang berefek ke janinnya.

2. Pelayanan Kesehatan

Beberapa kota di Indonesia belum dilengkapi dengan tenaga medis dan pelayanan kesehatan yang memadai. Persalinan dibantu oleh tenaga medis yang terlatih juga belum tersebar secara merata. Dengan begitu, persalinan ibu melahirkan belum dapat ditangani dengan baik, sehingga dapat memicu angka kematian yang cukup tinggi setiap tahunnya.

3. Usia Pernikahan yang Cukup Muda

Sebelumnya, Undang Undang mengatur usia minimal legal menikah adalah 16 tahun. Usia tersebut belum cukup untuk mengandung karena sangat memungkinkan untuk terjadi komplikasi saat persalinan. Hal ini yang membuat angka kematian ibu dan anak semakin tinggi. Oleh karena itu, perlunya memperbarui batas usia menikah untuk perempuan yaitu 18 tahun.

4. Program Imunisasi

Imunisasi adalah program pemerintah yang berguna untu k kesehatan ibu dan anak. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya belum dapat dilakukan dengan baik di lapangan. Terdapat beberapa daerah yang belum maksimal dalam melaksanakan program imunisasi karena letak geografis yang sulit dijangkau oleh tenaga medis. Oleh karena itu, perlunya peninjauan ulang.

Kesehatan seorang ibu sejak hamil hingga persalinan memang sangat penting itu selalu dipantau untuk proses tumbuh kembang anak. Setelah si kecil lahir pun harus dipantau karena perlunya imunisasi untuk mencegah terjangkit penyakit. Persalinan dengan dibantu tenaga medis yang terlatih pun juga mencegah terjadinya gagal persalinan. Dan usia ibu pada saat mengandung juga penting untuk mencegah terjadi komplikasi. Itulah yang harus dilakukan untuk mencegah angka kematian meningkat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *