Hati-Hati, Masker Kotor Bisa Jadi Sarang Penyakit

  • Whatsapp

hati-hati-masker-kotor-bisa-jadi-sarang-penyakit

Mengenakan masker saat keluar rumah dan beraktivitas dengan banyak orang rupanya sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, sejak virus Covid-19 masuk ke Indonesia himbauan untuk memakai masker selalu digaungkan. Sehingga tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memulai usaha jual masker kain atau masker sekali pakai lainnya. Sebab permintaan jumlah masker dari hari ke hari mengalami peningkatan.

Read More

Sesuai dengan himbauan, masker kain yang termasuk dalam masker non medis bisa digunakan untuk masyarakat yang berada dalam kondisi sehat. Masker kain juga memiliki harga terjangkau dan mudah untuk didapatkan. Sehingga tak heran jika banyak masyarakat yang memulai bisnis jual masker kain secara online maupun offline untuk menambah penghasilan selama pandemi corona.

Bahaya Masker Kotor

Anda mungkin memiliki lebih dari satu masker yang biasa digunakan untuk beraktivitas di luar rumah. Dengan begitu, Anda dapat secara bergantian menggunakan masker. Tentu Anda tidak ingin menggunakan masker kotor setiap keluar rumah. Sebab masker kotor dapat menyebabkan berbagai gangguan dan bahkan penyakit untuk penggunanya. Berikut ulasannya untuk Anda:

1. Menimbulkan jerawat

Saat menggunakan masker, bagian mata ke bawah pada wajah termasuk pipi akan tertutupi oleh masker tersebut. Tentu apabila masker tersebut kotor akan menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Salah satunya adalah menyebabkan timbulnya jerawat. Jerawat yang muncul akibat kotoran berupa debu halus juga sulit untuk dihilangkan bekasnya. Hal tersebut akan mengganggu penampilan.

Selain jerawat, debu atau kotoran lain pada masker juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Iritasi tersebut biasanya berupa bintik merah yang gatal dan menyebabkan ruam. Hal ini tentu berbahaya terlebih bagi Anda yang memiliki alergi terhadap debu. Jika Anda memiliki alergi tersebut jangan ragu untuk menanyakan bahan kain saat membeli masker dari orang yang jual masker kain.

2. Menyebabkan sesak napas

Memakai masker memang sedikit merepotkan terlebih saat Anda harus berolahraga. Napas menjadi susah dan keringat akan menempel pada masker. Apabila masker kotor, napas menjadi lebih susah. Kotoran pada masker bisa terhirup ketika bernapas.

Partikel-partikel debu halus yang ikut terhirup bersamaan udara akan menyebabkan gangguan pernapasan. Hal ini dapat menghambat Anda dalam melakukan aktivitas di luar rumah.

3. Menurunkan fungsi masker

Apabila masker digunakan sehari penuh, besar kemungkinan masker tersebut sudah penuh dengan kotoran dan debu halus. Sehingga fungsi filter dari masker akan menurun. Debu kotoran, virus dan bakteri akan lebih mudah masuk ke tubuh kita.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk membawa cadangan masker saat bepergian. Jika lupa membawanya, Anda bisa membeli di tempat jual masker kain yang ada banyak ditemukan di pinggir jalan.

Tujuan utama penggunaan masker di masa pandemi ini ialah untuk mencegah penyebaran virus. Jadi, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan masker yang digunakan sehingga kesehatan tetap terjaga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *